Rabu, 07 Februari 2018

Ingin Andal Renang? Pelajari Teknik Macam-Macam Gaya Renang Berikut Ini

Olahraga merupakan suatu acara yang menarik banyak perhatian dan peminat. Sebab dengan rajin melaksanakan olahraga badan menjadi sehat dan tidak gampang terjangkit banyak sekali penyakit. Olahraga sendiri mempunyai banyak sekali cabang yang berbeda. Sebut saja olahraga renang yang ketika ini semakin hits di kalangan dewasa dengan macam-macam gaya renang terbaik yang mempunyai manfaat dan tingkat kesulitan yang berbeda. Tentunya teknik dasar renang ini menjadi pembelajaran yang sangat bermanfaat terutama bagi para pemula untuk dipelajari. 

 Olahraga merupakan suatu acara yang menarik banyak perhatian dan peminat Ingin Jago Renang? Pelajari Teknik Macam-Macam Gaya Renang Berikut Ini

Selain menyehatkan tubuh, renang juga mempunyai daya tarik yang berpengaruh alasannya dipercaya sebagai cara terbaik untuk menciptakan badan menjadi lebih tinggi. Sehingga banyak tidak heran jikalau ditemui atlit-atlit renang dengan rata-rata postur badan yang tinggi. 

Agar gaya renang Anda bervariasi maka penting sekali untuk menyimak klarifikasi macam-macam gaya renang terupdate yang sanggup Anda praktikkan sendiri di rumah. 

1. Renang Gaya Dada

Di antara maca-macam gaya renang yang ada, renang gaya dada merupakan gaya renang yang paling sering dilakukan alasannya tekniknya yang gampang dan santai untuk dilakukan. Gaya renang ini biasanya dipakai bagi para pemula sebagai pelajaran awal bagaimana gaya berenang di air. Pada gaya ini, posisi badan dilakukan secara stabil serta cuilan kepala sanggup berada luar air dengan waktu yang cukup lama. Sebagian orang menyebut gaya renang ini dengan nama gaya katak. 

Teknik untuk melaksanakan renang gaya dada cukup mudah. Mula-mula Anda harus memposisikan dada menghadap ke permukaan air sedangkan posisi kedua kaki menendang ke arah luar serta kedua tangan yang diluruskan ke arah depan. 

Kemudian kedua tangan yang telah diluruskan ke depan, secara perlahan kedua tangan tersebut dibuka ke arah samping menyerupai membelah air yang bertujuan untuk membawa badan sanggup maju  dengan lebih cepat. Sedangkan posisi kaki menggandakan gaya katak yang juga membantu untuk membawa badan berjalan dalam air. 

Dalam melaksanakan gaya renang jenis ini, Anda sanggup mengambil napas ketika berada di permukaan air yaitu setidaknya sesudah satu kali perpaduan gerakan tangan dan kaki atau dua kali gerakan tangan dan kaki. Namun di antara macam-macam gaya renang yang ada, gaya katak ini merupakan gaya yang paling lambat untuk sanggup hingga ke tepi kolam. 

2. Renang Gaya Punggung

Gaya renang selanjutnya yang juga banyak disukai oleh para perenang ialah berenang dengan memakai gaya punggung. Saat berenang memakai gaya punggung, posisi badan berenang menghadap ke atas serta cuilan punggung yang menghadap ke permukaan air. Kelebihan dari gaya renang ini dibandingkan macam-macam gaya renang yang lain ialah pada fasilitas untuk mengambil nafas. 

Dengan posisi wajah yang menghadap ke atas otomatis menciptakan perenang gampang untuk mengambil pernafasan ketika berenang dalam air. Tetapi ada satu hal yang menjadi kelemahan atau kekurangan berenang dengan memakai gaya punggung yaitu dari sisi penglihatan yang hanya sanggup memandang ke satu arah saja yaitu melihat kea rah atas dana tidak sanggup melihat ke arah depan. 

Saat berenang dengan memakai gaya ini perenang harus cendekia menghitung asumsi dinding tepi bak dengan menghitung panjang bak dan menghitung jumlah gerakkan yang dilakukan. Posisi badan dengan gaya renang ini sama dengan ketika berenang memakai gaya bebas, tetapi posisi badan telentang di permukaan air. 

3. Renang Gaya Kupu-Kupu

Didengar dari namanya saja sudah sangat menarik, apalagi kalau mempraktikkannya sendiri di rumah niscaya akan jauh lebih seru dan menyenangkan. Namun sebelum Anda mempraktikkan sendiri di rumah terlebih dahulu simak baik-baik penjelasannya ya semoga tidak salah dalam melakukannya.

Berenang dengan gaya kupu-kupu atau juga dikenal dengan gaya renang lumba-lumba ialah salah satu gaya berenang yang cukup terkenal di kalangan atlit renang dibandingkan macam-macam gaya renang yang lain. 

Untuk sanggup melaksanakan gaya renang ini, mula-mula Anda harus memposisikan dada menghadap kea rah permukaan air dalam bak lalu posisi kedua tangan yang ditekan ke arah bawah secara bersamaan serta diayunkan ke luar sebelum mengayunkannya ke arah depan. Sedangkan untuk kedua kaki diberikan gerakan menendang ke bawah secara bersamaan ke atas menyerupai gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. 

Dalam pengambilan nafas pada gaya renang kupu-kupu ini, hal yang harus dilakukan ialah dengan menghembuskan udara sekuat-kuatnya dari verbal dan hidung sebelum kepala muncul dari permukaan  lalu udara dihirup dari verbal ketika kepala berada di luar air. 

 Olahraga merupakan suatu acara yang menarik banyak perhatian dan peminat Ingin Jago Renang? Pelajari Teknik Macam-Macam Gaya Renang Berikut Ini

4. Renang Gaya Bebas

Cara melaksanakan renang gaya bebas ini tergolong mudah, yaitu dengan posisi dada yang menghadap ke permukaan air sedangkan kedua tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakkan mengayuh sekuat-kuatnya untuk memperoleh kesempatan maksimal. Untuk gerakkan kedua kaki sendiri dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah secara bergantian. 

Anda sanggup memakai salah satu gaya renang yang sesuai dengan cita-cita dari macam-macam gaya renang yang telah disebutkan. Sebagai pemula, rekomendasi sekali untuk melaksanakan gaya renang standar atau yang termudah yaitu gaya renang dada atau gaya renang bebas untuk melatih pernapasan dengan baik ketika berada di dalam air. Kemudian sesudah badan terbiasa melakukannya gres sanggup dilanjutkan dengan gaya renang berikutnya yang mempunyai tingkat kesulitan lebih tinggi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar