Sabtu, 17 Februari 2018

Teknik Passing Cara Mengumpan Bola Futsal


Futsal merupakan suatu permainan bola ibarat sepak bola namun dengan lapangan yang kecil sehingga taktik yang digunakan sedikit berbeda.  Pada futsal pemain lebih sering menggunakan passing bawah dengan operan-operan pendek dalam pertandingan sehingga dituntut untuk menguasai teknik dasar passing atau mengumpan bola. Semakin cantik kemampuan seorang pemain dalam melaksanakan passing maka semakin gampang dalam menerapkan contoh dan taktik permainan dalam sebuah tim. Tentunya harus diimbangi juga dengan kemampuan dan teknik yang lainnya. 

 Futsal merupakan suatu permainan bola ibarat sepak bola namun dengan lapangan yang kecil Teknik Passing Cara Mengumpan Bola Futsal

Passing adalah teknik dasar dalam permainan futsal dimana seorang pemain memperlihatkan operan atau umpan pendek kepada salah satu rekan timnya. Teknik mengoper bola ini sangatlah penting untuk dikuasai oleh setiap pemain sebab sangat sering digunakan dalam sepanjang pertandingan dibandingkan dengan umpan lambung yang lebih jarang digunakan pada lapangan berukuran kecil.  

Cara melaksanakan teknik passing dengan baik memang dibutuhkan penguasaan gerakan supaya bola mengarah pada sasaran yang diinginkan. Pada permukaan lapangan yang rata dan ukurannya kecil sangat perlu dilakukan operan yang keras dan akurat sehingga contoh permainan futsal bisa diterapkan dengan baik.  

Ada beberapa macam cara mengumpan bola atau operan yang biasa digunakan oleh pemain dalam futsal, diantara jenis passing tersebut ialah mengumpan dengan kaki penggalan dalam, menggunakan kaki penggalan luar, dan umpan dengan menggunakan tumit. 

Passing dengan Kaki Dalam

Teknik mengumpan bola dengan menggunakan cara ini biasa dilakukan oleh pemain untuk memperlihatkan bola kepada rekannya yang berada dalam jarak yang dekat. Karena ukuran lapangan futsal yang kecil maka teknik ini sangat mendominasi dalam permainan dimana para pemain sering kali melaksanakan umpan atau operan pendek (Short passing) dalam membangun taktik bermainannya.

Cara melaksanakan teknik passing ini dengan benar bisa dilatih dengan cara berikut:
  • Posisikan bola di depan kita dan badan menghadap sasaran pemain yang hendak di kasih umpan 
  • Tempatkan kaki kiri / kanan sebagai referensi di samping bola dengan lutut sedikit ditekuk
  • Tarik ke belakang kaki untuk menendang kemudian ayunkan ke dapan hingga terkena bola 
  • Tendanglah sempurna di penggalan tengah bola supaya bergerak lurus ke depan
  • Biarkan kaki untuk tetap diayunkan mengikuti arah bola ke depan. 

Passing dengan Kaki Luar

Cara mengoper bola dengan menggunakan teknik passing ini biasa dilakukan oleh pemain untuk memperlihatkan umpan silang kepada sobat satu timnya dimana posisinya berada pada daerah yang berlawanan dengan posisi pengumpan. Teknik passing dengan menggunakan kaki penggalan luar juga bisa digunakan dalam membangun umpan terobosan untuk menipu lawan. 

Teknik operan dengan kaki luar ini bisa dilatih dengan beberapa cara di bawah ini:
  • Posisi bola berada di samping kita ketika akan ditendang
  • Tempatkan kaki yang dijadikan referensi di belakang atau sejajar dengan posisi bola
  • Tarik ke belakang kaki penendang kemudian ayunkan ke samping hingga terkena bola
  • Saat menendang letakkan kaki di penggalan kiri atau kanan bola
  • Gerakan kaki biarkan tetap mengikuti arah bola untuk mengayun ke samping  

Passing dengan Tumit

Teknik mengumpan bola menggunakan cara ini biasa dilakukan untuk mengecoh lawan dan sanggup juga digunakan dalam situasi yang terjepit supaya terhindar dari hadangan lawan atau ketika kondisinya berada dalam posisi yang membelakangi gawang. Perlu kejelian ketika melaksanakan operan ke belakang dengan cara menggunakan tumit ini yaitu untuk memastikan ada sobat satu tim yang siap mendapatkan umpan bola di belakang posisi kita dan komunikasi permainan mutlak diharapkan dalam hal ini. 

Beberapa cara untuk melaksanakan teknik ini ialah sebagai berikut:
  • Posisikan badan kita membelakangi bola
  • Tempatkan kaki untuk menumpu di sebelah samping dari bola
  • Kaki untuk menendang ditarik ke depan terlebih dahulu dan ayunkan ke belakang hingga tumit mengenai bola
  • Saat melaksanakan tendangan, tempatkan tumit di penggalan tengah bola
  • Biarkan gerakan kaki sedikit mengayun ke belakang mengikuti arah bola 
Setelah mengetahui cara melaksanakan passing dengan benar maka perlu juga untuk memperbanyak latihan teknik dasar ini secara teratur sehingga kemampuan dalam mengumpan bola semakin baik. Demikian klarifikasi perihal teknik passing dalam futsal, baca juga teknik permainan yang lainnya semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar