Minggu, 11 Februari 2018

Teknik Dasar Permainan Voli

Cara Bermain Voli 

Permainan bola voli merupakan salah satu olahraga yang lebih banyak memakai tangan dalam permainannya. Oleh alasannya yaitu itu teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola voli yaitu berkaitan dekat dengan kemampuan seorang pemain dalam mengolah bola dengan tangannya.

 Permainan bola voli merupakan salah satu olahraga yang lebih banyak memakai tangan da Teknik Dasar Permainan Voli

Secara umum, teknik dasar permainan voli terdiri dari 4 macam yaitu service, passing, smash dan blocking. Lalu, bagaimana cara melaksanakan ke empat teknik dasar tersebut? Untuk lebih memahami bagaimana cara bermain voli dengan benar, berikut ini teknik dasar yang harus diperhatikan dengan baik bagi setiap pemain:

Teknik Servis 

Service ialah teknik memukul bola voli sampai bisa melewati net area kosong di kawasan lawan, teknik service berperan  agar  lemparan bola tidak bisa diolah oleh pihak lawan sehingga tim akan berhasil menerima poin. 

Service dilakukan ketika bola voli sudah jatuh ke tanah. Pada ketika itulah salah tim berhasil memperoleh poin. Oleh alasannya yaitu itu, service hanya sanggup dilakukan oleh para pemain dari tim yang telah berhasil memperoleh poin. Pada dasarnya, teknik service terbagi menjadi beberapa cara yaitu: servis bawah, samping, atas dan jumping. 

Teknik Passing 

Passing adalah taktik penerangan dalam permainan volley dengan memperlihatkan bola voli pada teman satu tim melalui teknik tertentu. Diperlukan  tenik yang tepat dan akurat dalam melaksanakan passing. Ada beberapa cara melaksanakan teknik passing dalam permainan bola voli yang baik dan benar antara lain sebagai berikut :

Passing Atas

Passing atas dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:
  1. Siapkan posisi bangun dengan perilaku tubuh yang siap kemudian regangkan kedua kaki sampai selebar bahu.
  2. Pastikan posisi kedua lutut sedikit menekuk sampai tubuh gampang dibungkukkan ke depan.
  3. Tumpuh seluruh berat tubuh Anda pada ujung kaki bab depan.
  4. Saat bola datang, tempat tubuh Anda di bawah bola secepatnya.
  5. Angkat lengan dan tangan kemudian sedikit di tekuk. Lalu, buka jari-jari tangan selebar mungkin sampai berbentuk mirip mangkuk.
  6. Saat bola sudah mencapai tubuh bab atas lakukan perkenaan bola dengan teknik yang tepat yaitu tepat berada di jari-jari tangan.
  7. Saat bola berada pada posisi menyentuh jari-jari,  tambahkan kekuatan pada jari-jari Anda biar bola memantul dengan tepat kemudian dorong dengan tangan.
  8. Saat melaksanakan gerakan mendorong, jari yang paling sering dipakai yaitu jari tengah, jari telunjuk dan ibu jari.
  9. Dengan sedikit mendorong sedikit tumit dan meliuruskan kedua lengan Anda sanggup mengakhiri gerakan mendorong.

Passing Bawah

Berikut ini langkah-langkah melaksanakan Passing Bawah:
  1. Pertama, berdirilah dengan posisi kedua kaki terbuka selebar bahu
  2. Kedua lengan Anda luruskan dan rapatkan di depan tubuh sampai ibu jari sanggup sejajar.
  3. Kedua lengan Anda ayunkan dengan bersamaan dari bawah ke atas sampai setinggi bahu.
  4. Luruskan lutut ketika bola menyentuh kedua lengan.
  5. Posisi bola yang tepat yaitu berada di pergelangan tangan bab atas.
  6. Saat melaksanakan passing bawang ke depan sebaiknya lengan Anda ayunkan tidak lebih tinggi dari pundak atau badan.

Teknik Smash

Spike atau Smash merupakan teknik dasar permainan voli yang diawali dengan melaksanakan pemukulan bola memakai kekuatan yang besar. 

Teknik Blocking

Teknik ini dipakai untuk melaksanakan pencegahan serangan oleh tim lawan. Pencegahan serangan sanggup dilakukan dengan kedua tangan dengan diikuti lompatan yang tinggi kemudian bola ditahan biar tidak masuk ke kawasan tim sendiri. 

Nah, itulah ulasan perihal 4 teknik dasar dalam permainan bola voli yang harus dikuasai dengan baik sehingga cara bermain voli tiap pemain bisa berkualitas, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar