Rabu, 21 Februari 2018

Teknik Dasar Pukulan Overhead Lob Bulutangkis


Jenis Pukulan Lob 

Pukulan lob adalah sebuah teknik memukul yang ada dalam permainan badminton/ bulutangkis dimana posisi shuttlecock berada di atas kepala sang pemain. Cara melaksanakan pukulan lob dilakukan dari belakang lapangan dan dipukul tinggi ke tempat pemain lawan. Terdapat dua jenis teknik pukulan lob dalam bulu tangkis yaitu overhead lob dan underhand lob.

adalah sebuah teknik memukul yang ada dalam permainan bulu tangkis Teknik Dasar Pukulan Overhead Lob Bulutangkis

Pukulan Overhead Lob

Teknik pukulan lob ini mempunyai banyak persamaan dengan teknik smes dan dropshort, oleh alasannya itu pusatkan perhatian untuk menguasai pukulan overhead lob ini. Pukulan overhead lob dilakukan dengan cara memukul shuttlecock dari atas kepala, posisinya dari belakang diarahkan keatas menuju bab belakang lapangan lawannya.

Ada dua jenis pukulan overhead lob yang mungkin sudah pernah didengar. Deep Lob/ Clear ialah pukulan bola kok yang dilakukan dengan tinggi ke area belakang lapangan lawan, sedangkan Attacking lob/Clear ialah sebuah pukulan bola kok ke tempat lawan yang dipukul tidak terlalu tinggi.

Tips Cara Melakukan Teknik Pukulan Overhead Clear/ Lob

  • Peganglah raket dengan memakai pegangan forehand dan posisinya di samping bahu.
  • Posisi tubuh menyamping/ vertikal dengan arah net dan posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri
  • Pada dikala memukul bola harus terjadi perpindahan beban tubuh dari kaki kanan ke kaki kiri.
  • Posisi tubuh harus diupayakan selalu berada di belakang bola.
  • Bola dipukul ibarat gerakan melempar.
  • Pada dikala perkenaan bola, tangan harus lurus dan posisi final raket mengikuti arah bola, Ialu dilepas, sedang raket jatuh di depan badan.
  • Lecutkan pergelangan (raket) dikala bola mengenai raket.
Beberapa macam pukulan lain yang dilakukan dari atas kepala dalam permainan bulutangkis antara lain:

Backhand Overhead

Teknik pukulan backhand overhead ini sanggup dikatakan paling sulit, terutama bagi pemula yang gres belajar. Teknik pukulan ini selain menuntut koordinasi anggota tubuh yang sempurna, penguasaan grip dan timing yang tepat. Tanpa adanya penguasaan yang baik dari ketiga hal tersebut maka walaupun tenaga besar sekalipun tidak akan sanggup menghasilkan kualitas pukulan yang maksimal.

Tips Melakukan Teknik Pukulan Backhand Overhead

  • Lakukan posisi slap dengan posisi raket di tangan.
  • Putar tubuh dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang kiri. Lutut dan siku kanan agak bengkok.
  • Rangkaian memukul mulai dari mengayunkan raket (siku ke erat ketiak) dorong dengan pinggang dan siku menjadi lurus. Gerakan diakhiri dengan lecutan pergelangan tangan.
Cara melatih teknik ini ialah dengan menggerakkan dahulu tanpa memakai shuttlecock. Bisa juga memakai alat bantu ibarat gantungan kok setinggi timing seorang atlet untuk memudahkan pemain dalam berlatih.

Round The Head Clear/Lob/Drop/Smash

Teknik pukulan ini merupakan bola overhead yang dipukul di bab belakang kepala (Samping indera pendengaran sebelah kih). Teknik pukulan ini relative lebih sulit untuk dilakukan dibanding dengan overhead biasa alasannya untuk sanggup melaksanakan pukulan ini diharapkan ekstra kekuatan kaki, kelenturan, footwork yang balk, dan koordinasi. Biasanya seorang pemain terpaksa harus melaksanakan teknik ini dengan pukulan backhand alasannya dilakukan di dikala kondisi sedang terdesak.

Pukulan Underhand Lob


    Dalam bulutangkis teknik underhand lob ialah pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan memukul bola kok yang berada di bawah badan. Ketika situasi permainan dalam kondisi tertekan, sanggup melaksanakan pukulan evakuasi dengan cara mengangkat shuttlecock tinggi menuju area belakang lapangan lawan.

    Silahkan baca juga : Teknik Pukulan dalam Bulutangkis

    Ok mungkin itu klarifikasi wacana pukulan overhead lob dalam bulutangkis yang sanggup dibagikan pada kesempatan ini. Selengkapnya sanggup dibaca tips berguru teknik dasar dan cara bermain bulutangkis/ badminton yang baik dan benar, semoga bermanfaat.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar