Sabtu, 10 Februari 2018

Macam–Macam Teknik Permainan Tenis Lapangan

Teknik Bola Tenis Lapangan

Cara bermain tenis lapangan yang baik dan benar harus memperhatikan beberapa teknik dasar dalam permainan. Bermain tenis lapangan memerlukan tehnik khusus memukul bola yang elok dan stamina yang tinggi semoga sanggup memenangkan permainan. Untuk itu, idealnya setiap pemain harus memahami dan menguasai dengan benar macam – macam tehnik permainan tenis lapangan.

 Cara bermain tenis lapangan yang baik dan benar harus memperhatikan beberapa teknik dasar Macam–macam Teknik Permainan Tenis Lapangan

Diantaranya bagaimana cara memegang raket tenis yang benar semoga sanggup melaksanakan teknik servis pada permainan tenis lapangan dengan pukulan yang betul. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan disimak ulasan lengkapnya berikut ini.

Macam – macam tehnik permainan tenis lapangan ada beberapa cara, diantaranya yaitu :

Teknik Memegang Raket

Cara memegang raket pada permainan tenis lapangan yang baik ada tiga yaitu :

Eastern Forehand

Tehnik ini seringkali disebut sebagai grip berjabat tangan. Tehnik ini merupakan tehnik yang paling gampang untuk dilakukan oleh pemain pemula. Meskipun mudah, tehnik ini ternyata sanggup menghasilkan aneka macam variasi pukulan lengkap seperti slice, spin atau flat

Continental

Tehnik memegang raket satu ini merupakan tehnik klasik yang dahulu dipakai oleh para pemain tenis. Dahulu tehnik ini dipakai ketika raket tenis masih berbahan dasar kayu.

Western

Tehnik memegang raket yang terakhir yaitu western. Tehnik ini dipakai untuk melaksanakan pukulan tostpin. Di masyarakat umumnya, tehnik ini banyak disebut sebagai grip ketika memegang wajan.


Teknik Melakukan Servis

Terdapat 3 tehnik dasar cara melaksanakan teknik servis pada permainan tenis lapangan dengan benar, yaitu :

Slice service

Tehnik servis pertama ini merupakan servis dengan pukulan forehand atau backhand. Caranya yaitu dengan sedikit memiringkan kepala raket dan ketika melaksanakan pukulan, raket diayunkan dari bawah ke atas.

American twist

Tehnik servis kedua yaitu American twist. Caranya yaitu dengan melambungkan bola ke belakang sisi kiri sehingga pukulan sanggup dilakukan sempurna di atas kepala. Ketika melaksanakan pukulan, bola harus mengenai bab belakang.

Flat serve

Dan Teknik servis yang terakhir yaitu flat serve atau yang sering disebut dengan Cannon Ball Service. Tehnik ini mempunyai perbedaan dengan tehnik sebelumnya pada ketika melaksanakan pukulan. Dengan tehnik ini, pukulan yang dihasilkan akan sanga keras dan sanggup juga menghasilkan sedikit putaran bola.

Teknik Menerima Servis

Untuk mendapatkan servis dan mengembalikan bola kepada lawan, diharapkan beberapa tehnik pukulan yang harus dikuasai. Berikut ini disajikan beberapa tehnik pukulan untuk mendapatkan servis yaitu :
  • Forehand drive : untuk melaksanakan pukulan ini, telapak tangan dihadapkan ke arah depan
  • Backhand drive : untuk melaksanakan pukulan ini, telapak tangan dihadapkan ke arah belakang
  • Servis : Pukulan yang dilakukan sebagai tanda permainan dimulai
  • Pukulan volley : Pukulan yang dilakukan sebelum bola memantul di lapangan, sanggup berupa pukulan forehand atau backhand.
  • Pukulan lob : Pukulan ini dilakukan dengan melambungkan bola kearah lawan dengan lambungan yang tinggi. Pukulan ini sanggup dilakukan dengan tehnik forehand maupun backhand.
  • Pukulan drop shot : Pukulan ini mempunyai 2 tehnik yaitu forehand dan backhand. Apabila dilakukan secara forehand maka bola dipukul dari atas ke bawah. Sedangkan jikalau dilakukan secara backhand maka bola dipukul dengan pergerakan raket dari samping kiri menuju arah depan bawah.
  • Pukulan smash : Pukulan ini dilakukan ketika bola berada diatas kepala. Tehnik ini merupakan pukulan yang sangat keras alasannya yaitu memang bertujuan untuk menghantamkan bola ke sisi lapangan lawan.
  • Pukulan chop atau slice : Tehnik pukulan ini juga sanggup dilakukan secara forehand maupun backhand. Caranya yaitu dengan mengayunkan raket dari atas ke bawah.
Demikian klarifikasi mengenai macam – macam cara ataupun teknik dasar dalam permainan tenis lapangan yang harus diketahui oleh pemain, semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar