Selasa, 20 Februari 2018

Ukuran Lapangan Futsal Dan Gawang Standar Internasional

Ukuran Lapangan Futsal

Bagi sebagian orang menentukan tempat penyewaan terbaik yang memiliki ukuran lapangan futsal standar internasional menjadi hal yang sangat diperhatikan ketika hendak melaksanakan permainan atau pertandingan. Coba perhatikan lapangan futsal terdekat kalian, pernahkah menemui sebuah tempat lapangan indoor mapun aoutdoor yang sangat sempit dengan kondisi permukaannya yang tidak rata atau materi yang digunakan sudah rusak? Tidak sedikit orang yang sudah enggan duluan sebelum bermain futsal hanya alasannya yaitu lapangan yang akan digunakan tidak sesuai dengan impian atau bahkan jauh dari standar, entah itu kualitas materi permukaannya maupun ukurannya. Maka cermati dan pilihlah lapangan futsal terbagus semoga nyaman ketika berlatih atau bertanding.  

 Bagi sebagian orang menentukan tempat penyewaan terbaik yang mempunyai Ukuran Lapangan Futsal dan Gawang Standar Internasional

Beberapa lapangan futsal indoor mini dengan ukuran yang dibawah standar terkadang masih saja ditemukan. Memang tidak sanggup dipungkiri, bagi sebagian pemilik bisnis penyewaaan lapangan futsal lahan yang sempit dan modal yang memang cukup besar menjadi hambatan sehingga tidak tersedianya kualitas lapangan futsal yang baik dan memadai sesuai dengan standar yang telah ditentukan. 

Lapangan Futsal Standar Internasional

Tidak semua pertandingan sanggup diterapkan dengan memakai ukuran lapangan futsal yang berstandar internasional misalanya pada kompetisi level bawah, antar kampung atau pertandingan untuk kelas amatir lainnya. Lapangan futsal mini sanggup menjadi alternatif untuk penyelenggaraannya dengan menentukan tempat-tempat penyewaan yang dibentuk hanya untuk latihan biasa atau sekedar menyalurkan hobi. Untuk mengetahui beberapa macam lapangan yang sering digunakan dalam permainan sanggup dibaca pada Jenis Lapangan Futsal

Berikut ini klarifikasi mengenai ukuran lapangan futsal standar nasional maupun internasional yang ditetapkan oleh FIFA untuk sebuah pertandingan resmi.

Luas Lapangan Futsal  

Untuk standar nasional ukuran panjang lapangan futsal yaitu antara 25 - 42 meter dan lebarnya antara 15 - 25 meter. Sedangkan untuk luas lapangan futsal indoor yang berstandar internasional mempunyai panjang berkisar antara 38 - 42 meter dan lebar lapangannya yaitu antara 18 - 25 meter.

 Bagi sebagian orang menentukan tempat penyewaan terbaik yang mempunyai Ukuran Lapangan Futsal dan Gawang Standar Internasional
Gambar Lapangan Futsal dan Keterangannya

Fungsi Tanda dan Garis Lapangan Futsal 

Setiap tanda dan garis yang ada di lapangan futsal mempunyai fungsinya masing-masing dalam permainan olahraga futsal, menyerupai garis batas lapangan, tempat pinalti, titik pinalti, titik tendangan sudut, tempat pergantian pemain, dan lain sebagainya.  Untuk tebal garis lapangan futsal yaitu semua garis mempunyai lebar atau ketebalan 8 cm.   

Garis Batas Lapangan Futsal

Area permainan olahraga futsal dibatasi dengan garis-garis luar yang terdapat pada permukaan lapangan yaitu Touched line dan Goal Line. Touched line yaitu garis yang mempunyai fungsi sebagai pembatas lapangan bab samping atau sanggup disebut juga dengan garis samping. Sedangkan goal line yaitu garis pembatas lapangan yang ada di bab tiang gawang atau biasa disebut dengan garis gawang. Dua garis samping (Touched line) mempunyai ukuran yang lebih panjang dari pada garis gawang (Goal Line). 

Garis dan Titik Tengah Lapangan Futsal 

Lapangan futsal dibagi menjadi dua bab yang dibelah oleh garis tengah lapangan. Terdapat tanda atau titik tengah lapangan yang dikelilingi oleh sebuah bulat dengan radius 3 meter. 

Area Pinalti

Area pinalti diperoleh dari garis busur berukuran 6 meter dari kedua titik tiang gawang sehingga diperoleh masing-masing seperempat bulat dan dihubungkan dengan garis sepanjang 3,16 meter yang membentang sejajar dengan garis gawang. 

Titik Penalti 

Ada dua titik pinalti dalam permainan olahraga futsal. Titik penalti pertama berjarak 6 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertikal dan jaraknya sama diantara kedua tiang tersebut. Sedangkan titik penalti kedua berjarak 10 meter dari titik tengah garis gawang. 

Titik Tendangan Sudut 

Terdapat empat titik di setiap sudut lapangan untuk tendangan sudut yang masing –masing mempunyai garis seperempat bulat dengan ukuran radius 25 cm. 

Ukuran Gawang Futsal 

Bentuk gawang pada olahraga futsal berupa tiang berbentuk persegi panjang menyerupai halnya gawang sepakbola namun ukuran gawang futsal lebih mini dilengkapi juga dengan jaring untuk menahan bola. Ada beberapa peraturan khusus mengenai gawang futsal yang mencakup bentuk, posisi, ukuran dan sebagainya. 

 Bagi sebagian orang menentukan tempat penyewaan terbaik yang mempunyai Ukuran Lapangan Futsal dan Gawang Standar Internasional

Ketentuan Gawang Futsal 

Berikut ini klarifikasi mengenai ketentuan gawang futsal standar internasional yang ditetakan oleh FIFA
  • Gawang terdiri dari dua tiang sejajar dengan posisi vertikal (tiang gawang) berjarak sama dari sudut-sudutnya dan dihubungkan oleh tiang horisontal di bab atas (tiang palang). 
  • Gawang harus ditempatkan pada bab tengah setiap garis gawang.
  • Jaring sanggup dibentuk dari nilon dan menempel pada bab belakang dari tiang gawang dan tiang palang.
  • Gawang sanggup dipindah-pindah tetapi harus sanggup tetap kokoh di permukaan lapangan ketika pertandingan berlangsung.
  • Penampang harus berbentuk persegi, persegi panjang, bulat atau elips. Penampang dianjurkan berbentuk bulat alasannya yaitu lebih kondusif apabila terjadi benturan. Serta pantulan bola dengan tiang berpenampang bulat menghasilkan arah yang akurat.

Gawang Futsal Standar Internasional

  • Jarak antara kedua tiang gawang yaitu 3 m diukur dari bab dalam tiang 
  • Jarak dari tiang palang ke lantai yaitu 2 m di ukur dari tiang horizontal bab dalam hingga ke permukaan lantai.
  • Kedua tiang gawang dan tiang palang mempunyai ketebalan atau diameter 8 cm.
  • Kedalaman gawang berukuran 80 cm pada bab atas dan 100 cm pada bab bawah
Sedangkan mengenai peraturan bola yang digunakan dalam pertandingan resmi selengkapnya sanggup dibaca dalam Ukuran Bola Futsal Standar

Demikian klarifikasi mengenai ukuran lapangan standar nasional dan internasional yang ditetapkan oleh FIFA dan juga ukuran gawang futsal yang benar. Semoga bermanfaat dan menambah pemahaman kita perihal peraturan permainan olahraga futsal.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar