Minggu, 11 Februari 2018

Jumlah Pemain Dan Kiprah Posisi Pemain Voli

Pemain Voli

Salah satu komponen dalam permainan bola voli yang sangat penting ialah tentunya ihwal pemain voli. Jumlah pemain voli dihentikan sembarangan, tim harus melibatkan jumlah pemain bola voli sesuai ketetapan, serta harus memahami kiprah dan posisi pemain voli ketika melaksanakan pertandingan. Supaya tidak salah, berikut klarifikasi seputar pemain voli yang wajib diketahui.

 Salah satu komponen dalam permainan bola voli yang sangat penting ialah tentunya ihwal Jumlah Pemain dan Tugas Posisi Pemain Voli

Jumlah Pemain Bola Voli

Menurut standar internasional, jumlah pemain bola voli ada 10 orang. Pembagiannya yaitu, 6 orang sebagai pemain voli inti dan 4 orang sebagai pemain voli cadangan. Namun, pertandingan bola voli tetap bisa terealisasi walaupun pemain inti kurang dari 6 orang alasannya ialah jumlah pemain bola voli minumum ialah 4 orang. Dalam pertandingan yang berlangsung, instruktur voli boleh mengganti pemain inti dengan pemain cadangan tanpa ada batas maksimum pergantian.

Tugas dan Posisi Pemain Voli

Setidaknya ada 4 pembagian kiprah dan posisi pemain voli dalam pertandingan, yaitu:

Tosser

Tosser merupakan pemain voli yang bertugas untuk mengatur serangan pada tim. Seorang tosser harus menguasai teknik smash dan blocking. Posisi tosser berada di tengah, bangun pada garis depan erat net.

Smasher

Smasher bertugas untuk melaksanakan pukulan smash atau serangan yang sanggup mematikan lawan sehingga poin tim bisa bertambah. Smasher harus menguasai teknik blocking yang baik. Posisi smasher berada pada sisi kanan dan kiri, bangun pada garis depan erat net, mengapit tosser atau di sisi kanan baris belakang.

Libero

Libero bertugas untuk mendapatkan dan menahan serangan dari lawan memakai teknik passing. Pemain libero tidak boleh melaksanakan smash dan blocking. Posisi libero berada di baris belakang.

Defender

Defender bertugas untuk mendapatkan serangan lawan. Posisinya berada di bab tengah pada baris belakang.

Pada dasarnya setiap orang boleh bermain bola voli. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya permainan tersebut benar dan sesuai dengan hukum yang ada berdasarkan standar nasional maupun internasional.

Untuk menjadi pemain voli profesional atau seorang atlet voli ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria ini bukan berarti membatasi seseorang, melainkan untuk membantu individu tersebut biar bisa bermain voli dengan maksimal. Beberapa persyaratan umum untuk pemain voli ideal antara lain:
  • Pemain voli mempunyai tinggi tubuh minimum untuk putera 170 cm dan puteri 160 cm. Tinggi tubuh diharapkan para pemain voli untuk memperoleh lompatan dan cakupan terhadap bola yang baik supaya bisa menambah skor ketika pertandingan.
  • Pemain voli harus mempunyai kesehatan jantung dan paru-paru yang baik. Jantung diharapkan untuk memompa darah dan paru-paru merupakan organ pernapasan yang besar lengan berkuasa ketika pertandingan berlangsung.
  • Pemain voli harus mempunyai kesehatan jasmani dan rohani yang baik. Jika pemain terganggu kesehatan fisik (jasmani) dan mentalnya (rohani) otomatis yang bersangkutan tidak akan bisa mengikuti pertandingan.
  • Pemain voli harus mempunyai kemampuan gerak yang cepat dan tangkas. Dalam kata lain, pemain voli harus punya stamina, kecepatan, kekuatan, koordinasi, kelentukan, serta penguasaan teknik dan seni administrasi yang mumpuni untuk bertanding.
  • Pemain voli harus mempunyai sisi psikologis yang kreatif, disiplin, punya kemauan keras, daya ingat tinggi, rasa bertanggung jawab dan solidaritas tanpa batas.
  • Diusahakan pemain voli mempunyai banyak pengalaman bertanding maupun ketekunan dalam berlatih supaya kemampuan terus terasah dan matang.
Jika kalian tertarik menjadi pemain voli yang profesional maka ada baiknya untuk memenuhi persyaratan serta memahami kiprah dan posisi pemain voli di atas, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar