Rabu, 21 Februari 2018

Tips Cara Melaksanakan Pukulan Dropshot Dalam Bulutangkis

Apa itu Dropshot

Dropshot atau biasa disebut dengan pukulan potong merupakan salah satu teknik pukulan yang ada dalam permainan olahraga bulutangkis/ badminton. Bagi sebagian orang mungkin tidak ajaib lagi dengan istilah dropshot, terlebih jikalau anda ialah seorang pemain bulutangkis/ bulu tangkis tentu sudah sangat familier dengan kata-kata itu, namun bagi seseorang yang masih awam dengan dunia bulutangkis tentu hal itu menjadi sebuah pertanyaan dalam dirinya.

Dropshot atau biasa disebut dengan pukulan potong merupakan salah satu teknik pukulan yang Tips Cara Melakukan Pukulan Dropshot dalam Bulutangkis

Jenis olahraga ini memang banyak mengeluarkan energi dikala pertandingan berlangsung, oleh balasannya seorang pemain harus pintar-pintar mengatur taktik untuk memenangkan sebuah pertandingan. Ada kalanya pemain menentukan melaksanakan teknik dropshot untuk menipu lawan namun ada kalanya beliau harus melaksanakan pukulan smash untuk mematikan lawannyaSelengkapnya silahkan baca Cara Melakukan Smash Keras Badminton

Pengertian Dropshot

Dropshot adalah sebuah teknik pukulan dalam permainan olahraga bulutangkis dimana pukulan yang dilakukan hampir ibarat pukulan smash, hanya saja shuttlecock dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus. Sebisa mungkin bola kok yang dihasilkan dari pukulan dropshot jatuh di tempat lawan tidak melewati garis ganda dan ditempatkan sedekat mungkin dengan net.

Untuk melaksanakan pukulan dropshot ini dengan baik sangat ditentukan oleh beberapa faktor, mirip cara memegang raket, gerak kaki yang cepat, posisi tubuh dan proses perpindahan berat tubuh yang harmonis.

Jenis Pukulan Dropshot

Ada dua jenis pukulan dropshot yang biasa dikenal dalam permainan bulutangkis yaitu slow dropshot dan fast dropshot. Slow dropshot merupakan pukulan yang dilakukan dengan tenaga sambaran yang halus dan pelan sampai cock benar - benar jatuh didekat net lawan. Sedangkan fast dropshot dilakukan dengan tenaga sambaran yang halus tapi agak bertenaga sampai cock meluncur cepat tapi tidak kuat.

Tips Cara Melakukan Pukulan Dropshot dalam Bulutangkis

  1. Pergunakan pegangan forehand. Pegang raket dan posisinya di samping bahu.
  2. Posisi tubuh menyamping (Vertikal) dengan arah net, posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri.
  3. Pada dikala memukul bola, harus terjadi perpindahan beban tubuh dari kaki kanan ke kaki kiri.
  4. Posisi tubuh harus selalu diupayakan berada di belakang bola.
  5. Pada dikala perkenaan bola, tangan harus lurus, menjangkau bola dan dorong dengan sentuhan halus.
  6. Untuk arah forehand lawan, pukul bab Iengkungan bola sebelah kanan dan lengkung kiri bola untuk tujuan backhand.
  7. Posisi final raket mengikuti arah bola.Biasakan bergerak cepat mengambil posisi pukul yang sempurna di belakang kok.
  8. Perhatikan gerak langkah dan keseimbangan tubuh pada dikala dan sehabis memukul kok.
  9. Kok harus dipukul dengan perilaku lengan lurus dan hanya memakai tenaga kecil.
  10. Pukulan potong ini mengandung aspek kehalusan gerak dan gerak tipu.

Cara Melatih Teknik Dropshot dalam Bulutangkis

  1. Berdirilah ditengah lapangan atau didaerah belakang lapangan.
  2. Mintalah teman anda atau mungkin anda sendiri yang mengumpan cock jauh keatas.
  3. Lakukan hitting position, kemudian bergeraklah seolah akan melaksanakan smash.
  4. Pada dikala hendak memukul, maka lakukan perkenaan cock dengan raket secara halus (Seperti dipelitir atau di kikis). Perhatikan dikala memukul tangan dan kaki kanan masih berada dibelakang kaki kiri dan sehabis memukul tangan dan kaki kanan anda sudah berada didepan kaki kiri.
  5. Usahakan cock yang anda pukul jatuh persis didekat net lawan.
  6. Lakukan teknik ini berulang - ulang sampai anda benar - benar mendapat gerakan pukulan yang benar.

Itulah klarifikasi wacana bagaimana cara melaksanakan teknik pukulan dropshot yang baik dan benar dalam permainan olahraga badminton. Penjelasan selengkapnya wacana macam - macam pukulan pada pertandingan bulutangkis silahkan dapat dibaca Teknik Pukulan dalam Badminton, supaya bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar