Senin, 12 Februari 2018

Ukuran Berat Bola Basket Dan Harga

Ukuran Bola Basket Standar Internasional

Olahraga basket termasuk dalam permainan bola besar yang mempunyai ukuran standar internasional yang telah ditentukan baik oleh FIBA, NBA maupun Perbasi. Peraturan ukuran bola basket tersebut meliputi beberapa hal diantaranya wacana berapa berat bola, diameter keliling lingkarannya dan tekanan udara bola serta materi apa yang digunakan untuk pembuatan bola basket. 
Ukuran Bola Basket Standar Internasional Ukuran Berat Bola Basket dan Harga
Hal ini kiranya penting untuk diketahui mengingat permainan bola basket termasuk salah satu jenis olahraga yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia maupun di aneka macam cuilan dunia. Bahklan untuk mereka yang tidak pernah memainkannya sekalipun, tak jarang begitu antusias ketika menonton pertandingan olahraga ini. Nah, untuk anda para penggemar olahraga bola basket, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Berat bola

Olahraga basket mempunyai bola permainan dengan berat yang tidak mengecewakan besar. Berat bola basket yang umum digunakan para atlet di pertandingan yakni 600 sampai 650 gram. Cukup berat, bukan? Tidak heran para atlet yang bermain bola basket selain harus mempunyai badan yang relatif tinggi juga harus mempunyai tangan yang kuat. Hal ini supaya mereka tidak cepat lelah ketika bermain.

Bahan 

Bahan yang digunakan untuk menciptakan bola basket terbuat dari kulit, karet yang lapisannya homogen kulit ibarat kulit sintetik. Hal ini mungkin tidak jauh berbeda dengan materi yang digunakan pada permainan bola lainnya.

Tekanan udara  

Bola basket mempunyai tekanan udara sebesar 4,26 - 4,61 psi dengan kemampuan pantulan bola basket harus bisa melambung dengan ketinggian 120 – 140 cm. Mungkin sedikit berbeda kalau dibandingkan dengan olahraga bola lainnya, alasannya yakni pada permainan bola basket pemain sering melaksanakan pantulan bola terhadap permukaan lapangan.

Diameter Keliling Lingkaran

Ukuran bola basket standar yang digunakan di pertandingan resmi mempunyai ukuran keliling antara 75 sampai 78 cm. Memang cukup besar, orang dengan tangan yang kecil dan tidak terbiasa memainkannya bisa dipastikan mengalami kewalahan ketika memegangnya.

Ukuran Bola Basket Standar FIBA, NBA dan NCAA

Secara umum bola baket yang digunakan dalam pertandingan resmi mempunyai ukuran standar nasional maupun internasional yang hampir sama. Adapun beberapa induk organisasi bola basket mempunyai ketetapan terkait dengan ukuran bola. Berikut ini sedikit perbedaan ukuran standar yang ada antara lain:
  • Standar FIBA (Federation Internationale de Basketball), ukuran keliling lingkaran bola basket yaitu 749 mm – 780 mm dan berat bola berkisar antara 567 gram – 650 gram
  • Standar NBA (National Basketball Association)ukuran bola basket mempunyai keliling antara 749,3 mm – 755,65 mm sedangkan beratnya 623,7 gram
  • Standar NCAA (National Collegiate Athletic Association)keliling bola antara 749,3 mm - 762 mm dengan ukuran berat bola basket berat 567 - 623,7 gram.


Jenis Ukuran Bola Basket

Tidak semua pertandingan basket dimainkan oleh kalangan profesional, banyak pemain di usia belum dewasa yang juga menggemari olahraga ini. Lalu, bagaimana dengan mereka yang ingin bermain? Beberapa bola dibentuk khusus dengan berat dan ukuran yang diadaptasi dengan usia mereka. Berat bola basket untuk belum dewasa itu umumnya jauh lebih ringan dari pada bola basket yang digunakan dalam pertandingan.

Ada beberapa nomor ukuran bola basket yang biasa digunakan dalam pertandingan yaitu bola nomor 5, 6, dan juga 7. Jika dilihat menurut dari usia pemain, maka bola basket untuk anak SD lebih sempurna memakai bola nomor 5. Sedangkan untuk bola basket size 6 digunakan oleh pemain dengan usia 9 tahun keatas atau sekelas anak Sekolah Menengah Pertama dan untuk bola nomor 7 digunakan pada pertandingan kalangan profesional. 

Harga Bola Basket

Bola yang tersedia di pasaran sangat bervariasi untuk duduk masalah harganya. Harga bola basket tersebut mulai dari yang murah dan terjangkau sampai mahal. Hal tersebut tergantung dari kualitas dan juga produsen bola basket tersebut. Bagaimanapun, istilah ada harga ada rupa juga berlaku dalam hal harga bola basket.  

Dari beberapa website yang menjual bola basket, diketahui harga bola basket termurah di Indonesia yakni di bawah 100 ribu rupiah yaitu sekitar 94 ribu rupiah untuk yang paling murah. Selanjutnya bola basket dipatok dengan harga ratusan ribu tetapi umumnya tidak lebih mahal dari 200 ribu rupiah. Namun, ada juga bola basket yang berharga lebih mahal dari 200 ribu bahkan untuk harga termahal mencapai jutaan rupiah. 

Jika anda membeli di toko olahraga yang khusus menjual alat olahraga termasuk bola basket harganya bisa jadi lebih mahal tergantung produsen dan kualitas dari bola basket. Sebelum membeli pastikan bola basket yang anda pilih mempunyai kualitas yang cantik supaya anda tidak rugi. 

Ukuran Bola Basket Standar Internasional Ukuran Berat Bola Basket dan Harga
Gambar Bola Basket
Secara umum bola basket mempunyai visual berbentuk lingkaran dengan warna orange atau coklat tua. Bola basket terbuat dari materi karet khusus yang mempunyai lapisan homogen kulit. Tekstur dari kulit bola basket biasanya khas, dengan sedikit bergelombang garang di permukaannya. Hal ini bertujuan supaya ketika bola basket dipegang, tidak praktis terjatuh atau tidak licin. Berikut ini kami tampilkan gambar bola basket sebagai tumpuan model bola basket untuk anda. 

Semoga ulasan diatas wacana ukuran berat dan keliling bola basket, serta harga dan juga cara menentukan bola basket menawarkan wawasan dan bermanfaat untuk kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar